12/27/07

Yogyakarta Vacation Site

KERATON
Dibangun tahun 1756 oleh Sultan Hamengku Buwono I. Keraton masih merupakan tempat tinggal Raja dan merupakan pusat budaya dan seni Jawa tradisional.
Buka : Senin Minggu ( 08.00 - 14.00 )
Tutup Jam 12.00 pada hari Jumat

ISTANA PAKUALAMAN
Selain Kraton Jogja juga memiliki istana yang disebut Puro Pakualaman. Di sayap Timur istana terdapat juga Museum Puro Pakualaman.
Buka : Selasa, Kamis, Minggu ( 09.30 - 13.30 )

TAMAN SARI ( WATER CASTLE )
Taman Sari yang berarti "kebun yang semerbak" merupakan bagian dari Kraton yang paling rahasia. Sultan dan para selirnya, dulunya bersantai di menara sambil melihat kolam pemandian putri, selanjutnya memilih salah seorang diantaranya untuk menemani pada malam hari.
Buka : Senin, Minggu ( 08.00 - 14.00 )

BENTENG VREDEBURG
Dibangun pada tahun 1765 oleh Belanda. Terletak di sebelah utara kantor pos pusat. Sekarang telah menjadi museum untuk memamerkan sejarah kemerdekaan Indonesia.
Buka : Selasa, Kamis ( 08.30 - 13.30); Jumat ( 08.30 - 11.30 ); Sabtu, Minggu ( 08.30 - 13.00 )

MUSEUM AFFANDI
Terletak di Jl. Laksda Adisucipto ( Jl. Solo ) Saat ini, museum Affandi menampilkan karya-karya pelukis impressions serta karya anaknya yang sangat berbakat, Kartika Affandi.
Buka : Senin – Jumat ( 09.00 – 16.00 )
Sabtu : (09.00 – 13.00 )

MONUMEN JOGJA KEMBALI
Terletak di jalan lingkar utara Jogjakarta . Di Monumen ini menampilkan rekaman, foto-foto peristiwa – peristiwa perjuangan, berbagai jenis senjata dan benda-benda lainnya (diorama) yang menggambarkan proses perjuangan bangsa Indonesia (1945 – 1950)


CANDI PRAMBANAN
Peninggalan agama Hindu dari abad IX. Terletak ditepi jalan raya Jogja Solo, 17 km arah timur kota Jogjakarta .
Buka : Setiap hari ( 06.00 – 17.30 )

PANTAI PARANGTRITIS
Berlokasi di Samudra Hindia, 28 Km kea rah selatan dari Jogjakarta . Parangtritis sarat dengan dunia mistik dan meditasi.


GUMUK PASIR
Sebuah fenomena alam yang langka. Di dunia hanya ada 4 negara. Salah satunya di Indonesia yaitu di Parangtritis.


PANTAI GLAGAH & CONGOT
Berjarak 40 Km dari Jogjakarta , terletak di Kabupaten Kulon Progo. Pantai Glagah & Congot letaknya sangat berdekatan, yaitu 5 KM


PANTAI BARON
Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau, dipenuhi pohon kelapa. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, 65 km dari Jogjakarta .

PANTAI KUKUP
Goa-goa karang dan ikan hias banyak didapati di daerah ini. Berjarak kurang dari 1 km dari pantai Baron

PANTAI WEDIOMBO
Terletak 46 km kea rah tenggara kota Wonosari, Gunung Kidul. Terdapat pulau Kalong yang dapat dicapai dengan jalan setapak sejauh 1,5 km.

PANTAI PANDANSIMO
Berdekatan dengan muara sungai Progo. Wisatawan dapat berbelanja ikan laut dari nelayan local.
AGROWISATA SALAK PONDOH
Agrowisata salak pondoh terletak di desa Bangunkerto, kecamatan Turi, 25 Km dari Jogjakarta.

GUNUNG MERAPI
Merupakan gunung api paling aktif di Jawa. Gunung Merapi merupakan bagian dari resort pegunungan Kaliurang, yang hanya 30 menit dari kota Jogjakarta .

KALIURANG
Berjarak 25 Km arah utara kota Jogjakarta . Terdapat fasilitas camping ground, taman rekreasi anak, hutan wisata, hotel, pondok wisata, tempat seminar dan pertemuan yang memadai.

HUTAN WISATA DAN PENDIDIKAN WANAGAMA
Terletak 35 Km dari Jogjakarta . Hutan buatan seluas 80 ha. Terdapat fasilitas berkemah.

DESA WISATA TANJUNG
Terletak 5 km sebelah utara Monumen Jogja Kembali. Sawah yang ada di sekitarnya dapat digunakan sebagai tempat latihan ngluku, Nggaru, Tandur, Panen, angon Bebek dan lain-lain

DESA WISATA PUCUNG
Dikenal sebagai desa perajin patung primitive yang terbuat dari kayu mahoni dan kayu jati.

DESA WISATA TEMBI
desa Tembi terletak di selatan kota Jogjakarta . Di sana terdapat rumah budaya Tembi yang memiliki fasilitas-fasilitas antara lain : Pendopo, Ruang Galeri, Perpustakaan dan Ruang Baca Perpustakaan, Rumah Dokumentasi Budaya.

DESA PUNDONG
Terletak 1 km menuju Parang Tritis dari arah timur, atau 25 km dari Jogjakarta . Desa ini memiliki potensi industri gerabah dengan ukuran kecil dan menarik.

GUA CERME
Berada di desa Srirenggo, Imogiri, Bantul, sekitar 22 km dari Jogjakarta . Dikenal sebagai tempat Wali Songo menyebarkan dan mengajarkan agama Islam di Jawa.

GOA SEROPAN
Terletak di kecamatan Semanu, Gunung Kidul. Di dalam goa terdapat air terjun setinggi 7 m dan pemandangan alamai sungai bawah tanah yang menawan.

GOA KISKENDO
Terletak di desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, 38 km dari Jogjakarta

Sumber: www.jogja.com

No comments: